Macam Macam Lipatan dan Penjelasan Lengkap

Pengertian Lipatan serta Pembentukan, Bentuk Bentuk dan Jenis Jenis nya - Seperti yang dijelaskan di WikipediaLipatan adalah bentuk gelombang pada suatu lapisan kulit bumi karena pada salah satu tepi lapisan maupun pada kedua tepi lapisan. Lapisan batuan kemudian mengalami pelipatan atau pelengkungan. pergeseran lempeng tektonik juga dapat menyababkan timbulnya patahan.
Baca Juga : Pengertian, Pembentukan, Bentuk Bentuk dan Jenis Jenis Patahan (sesar)

Bentuk Bentuk Lipatan

Suatu lipatan terdiri atas beberapa bagian yang membentuk struktur lipatan. Struktur sebuah lipatan terdiri atas:
1. Antiklinal (punggung lipatan)
Antiklinal adalah punggung lipatan yang kemiringan kedua sayapnya ke arah saling berlawanan dan saling menjauh (bentuk concav dengan cembung ke atas). Bagian tengah dari antiklin disebut inti antiklin.

Puncak dari lipatan ini bisa berbentuk memanjang, sehingga membentuk suatu rangkaian pegunungan hingga ribuan kilometer yang biasa disebut dengan sirkum. didunia ini terdapat dua rangkaian sirkum pegunungan lipatan, yaitu Sirkum Pegunungan Mediterania dan Sirkum Pegunungan Pasifik.

Sirkum Pegunungan Mediterania
Sirkum Mediterania dimulai dari wilayah Pegunungan Atlas di Maroko, Afrika Utara, lalu ke Pegunungan Alpen, Swiss, Pegunungan Kaukasus, Asia Tengah, hingga sampai ke Pegunungan Himalaya dan menurun di Teluk Benggala, India. Pegunungan ini muncul kembali di pegunungan Andaman, hingga ke beberapa pegunungan yang berada di wilayah Indonesia, yaitu pegunungan Bukit Barisan yang berada di Sumatera, Jawa, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara (Timur & Barat), dan berakhir di kepulauan Laut Banda (Pulau Buru).

Sirkum Pegunungan Pasifik
Sirkum Pasifik dimulai dan melintasi di sepanjang wilayah Samudra Pasifik mulai dari pegunungan yang berada di Selandia Baru, pegunungan di kepulauan Sulawesi, Papua, Halmahera, lalu melalui...

Selengkapnya:

Pengertian, Pembentukan, Bentuk Bentuk dan Jenis Jenis Lipatan

0 comments

Silahkan Berkomentar Agar Blog Ini Tetap Terjaga. Terimakasih